cara menanam dan merawat strawbarry
cara menanam dan merawat strawbarry

Kali ini caracermat.com akan membagikan tips dan trik bagaimana cara menanam dan merawat strawbarry di polybag.

Buah Strawbarry merupakan jenis tumbuhan yang biasa tumbuh di dataran tinggi, karena di dataran tinggi tingkat kelembabannya sangat cocok dengan tanaman strawbarry.

Buah yang dihasilkan dari dataran tinggi biasanya berukuran besar dan sangat merah menawan, tentunya menjadi keuntungan bagi petani di dataran tinggi.

cara menanam dan merawat strawbarry

Tetapi sobat yang tidak berada di dataran tinggi jangan berkecil hati karena buah Strawberry juga dapat di budidayakan di daerah lain tetapi dengan berbagai teknik pertanian dengan cara meniru keadaan di dataran tinggi seperti suhu, kelembaban dan cahaya.

cara menanam dan merawat strawbarry
cara menanam dan merawat strawbarry

Buah Strawberry menjadi buah yang banyak di minati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, karena kaya akan Vitamin C yang dapat membuat badan menjadi lebih berstamina dalam menjalankan kegiatan sehari hari dan menjaga dari berbagai macam penyakit .

Selain mengandung Vitamin C didalamnya, Buah strawberry juga mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh dalam menghalau radikal bebas dan polusi udara.

Banyak manfaat buah strawberry yang bisa kita dapatkan diantaranya sebagai Asupan Nutrisi dan Vitamin. Sebagai bahan untuk membuat masker wajah dipercaya mampu membuat kulit halus dan sehat.

Selain di budidayakan untuk di makan secara langsung, buah Strawberry juga dpat diolah terlebih dahulu. Menjadi berbagai bentuk produk seperti minuman, sirup strawberry, kue rasa strawberry, dan sebagai dekorasi makanan.

Dari berbagai manfaat diatas buah strawberry juga bisa digunakan untuk bahan menghias makanan, kue dan minuman. Banyak dari buah strawberry yang dibuat menjadi Cup Cake dan Juice, karena rasanya yang khas. Dengan rasa asam berpadu dengan rasa manis.

Sangat banyak manfaat buah strawberry bagi masyarakat Indonesia. Apakah anda tertarik untuk menanamnya? Banyak yang berkata bahwa buah strawberi hanya bisa di tanam di daerah dataran tinggi. Padahal kenyataannya tidak karena sudah dibuktikan dengan banyak teknologi pertanian sekarang ini salah satunya dengan menanam buah strawberry di polybag.

Bagi sobat Petani Bejo yang ingin menanamnya saya akan memberikan tata cara menanam dan merawat strawbarry agar cepat berbuah dengan mudah di polybag. Baca artikel ini sampai habis jika tidak hasil panen buah strawberry nya nanti akan mengecewakan karena ada step yang tertinggal atau salah tanam.

Cara Menanam Strawberry Di Polybag

Yuk langsung saja kita bersama sama menanam Strawberry di polybag.

Baca Juga:

Memilih Media Tanam Strawbarry

Buatlah media tanam yang memiliki suhu udara sekitar antara 17°C sampai 20°C dengan suhu udara sekitar minimum antara 4°C sampai 5°C.

Buatlah media tanam dengan kelembaban antara 80% sampai 90%.

Curah hujan yang cocok untuk menanam buah strawberry antara 600 hingga 700 mm/tahun. Di ketinggian 500 meter samapi 1300 meter diatas permukaan laut.

Media tanam mendapatkan sinar matahari 8 sampai 10 jam setiap hari.

Mempersiapkan alat dan bahan Strawbarry

  1. Polybag tentunya
  2. Pupuk NPK
  3. Pupuk kandang
  4. Tanah gembur
  5. Gabah padi
  6. Air untuk nantinya menyiram strawberry
    Dan yang terakhir adalah sarung tangan.

Buatlah media tanamnya dengan cara mencampurkan Tanah gembur, Gabah padi dan Pupuk kandang. Di aduk sampai rata usahakan tidak ada kotoran atau serangga. Cacing yang masuk ke campuran. Diamkan selama 1 jam, setelah itu masukan campuran ke dalam polybag.

Menanam Strawbarry

Tanamlah batang strawberry, karena strawberry adalah tanaman yang merambat jadi strawberry bisa di budidaya dengan cara stek akar media polybag.

Bagaimana Cara Merawat Strawberry Di Polybag

Perawatan Strawbarry

cara menanam dan merawat strawbarry Bersihkanlah tananam strawberry dari rumput yang tumbuh di sekitar polybag, jauhkan dari serangga dan cacing ataupun ulat. Usahakan agar tanaman strawberry bisa terkena matahari langsung, tetapi dengan syarat memenuhi kriteria media tanam strawberry seperti yang di jelaskan di atas.

Berikanlah pupuk NPK setelah umur strawberry telah mencapai 2 Bulan.

Yang di atas adalahcara menanam dan merawat strawbarry agar cepat berbuah dengan mudah di polybag. Ada juga cara menanam Strawberry dengan cara hidroponik.

Ada beberapa cara menanam stroberi yang subur dan lezat dan salah satu caranya adalah dengan menanamnya secara hidroponik. Sistem hidroponik memungkinkan stroberi untuk ditanam pada waktu tertentu sepanjang tahun. Dapatkah Anda membayangkan memiliki stroberi dengan kualitas baik di musim panas.

Tetapi menanam strawberry dengan cara hidroponik akan saya jelaskan di lain watuk. Itu dia tadi cara menanam strawberi dengan teknik tanam media polybag.

Bagi sobat yang mencoba ikutilah cara menanam dan merawat strawbarry agar cepat berbuah dengan mudah di polybag diatas tanpa meninggalkan satupun stepnya, Agar hasilnya juga memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here