Thum Cara menghadapi persaingan
Thum Cara menghadapi persaingan

Cara Menghadapi Persaingan Dalam Berdagan atau Usaha – Ketika anda memiliki tempat berdagang seperti berjualan Makanan, Pakaian, Perabotan dan lain lain apapun itu sejenis usaha lainnya tentu ingin jika pelanggan selalu menuju ketempat anda ketika ingin berbelanja.

Akan tetapi dalam dunia usaha pasti ada yang namanya persaingan, jika anda dapat menganalisa dan memiliki tips dalam menghadapi pesaing baru ataupun lama, tentu akan mudah mendapatkan pelanggan. Usaha yang anda jalankan atau yang baru akan anda buat seperti berdagang harus siap menemui yang namanya pesaing.

Cara Menghadapi Persaingan Dagang Atau Usaha

Dalam hal bersaing anda diharuskan memakai trik menghadapi pesaing dengan cara yang bersih, bersih artinya tidak ada kecurangan ataupun saling menjatuhkan, tetapi berpikir bagaimana caranya menarik minat pembeli dengan kemauan sipembeli itu sendiri sama halnya kalo di dunia blogger ada istilah pengunjung organik.

Thum Cara menghadapi persaingan
Thum Cara menghadapi persaingan

Berikut ini akan kita bahas mengenai Cara Menghadapi Persaingan Dalam Berdagang Atau Usaha, silahkan anda cermati dan pahami supaya anda dapat menyedot pelanggan dan pembeli dengan cara yang baik dan benar.

Harga Lebih Murah

Dengan harga murah anda bisa menarik pembeli bahkan bisa mendapatkan pembeli tetap, menurunkan harga dalam artian tidak terlalu banyak sampai merugikan akan tetapi anda sebaiknya menerima untung sedikit tetapi pembeli banyak dibanding untuk banyak pembeli tidak ada.

Ketika mematok harga anda sebaiknya mengetahui berapa harga yg dijual pesaing anda, misalkan ditempat saingan anda menjual suatu barang dengan keuntungan Rp1000 maka anda sebaiknya menjual dengan keuntungan Rp500, Terlihat sedikit tapi tidak merugikan.

Tetapi perlu diingat tidak semua barang harus anda kurangi keuntungannya, hanya barang yg sering dibeli saja yang sebaiknya dikurangi untungnya. Karena jika semua barang dikurangi keuntungannya maka akan membuat anda merugi.

Lokasi Dagangan atau Usaha

Pemilihan lokasi juga berpengaruh bahkan pengaruhnya sangat besar, lokasi anda berjualan menjadi kunci kesuksesan dalam mendapatkan pelanggan. Dapat di ilustrasikan seperti gambar di bawah ini.

Pada gambar diatas ada 3 buah warung menjual barang yang sama, warung A menjual bensin dengan jarak 2m dari bahu jalan, Sedangkan warung B menjual bensin 3m dari bahu jalan tetapi memiliki tanah yang becek dan warung C menjual bensin 5m dari bahu jalan.

Dari rangkaian illustrasi diatas bisa anda bayangkan di warung manakah orang akan sering membeli bensin, ya. Orang-orang akan sering membeli bensi di warung A karena lokasinya yang dekat dengan bahu jalan, jadi pembeli tidak perlu jauh jauh untuk masuk kedalam ketika hendak membeli bensin.

Sedangkan untuk warung B kesalahanya karena menjual bensi di tempat yang becek walaupun dekat tetapi tentunya pembeli tidak ingin motornya becek setelah membeli bensin dan untuk warung C pembeli enggan membeli karena letaknya yang jau dari bahu jalan.

Jadi jika anda ingin memenangkan persaingan dalam berdagang atau usaha apapun itu maka sebaiknya ketahuilah seperti apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang di benci oleh pelanggan.

Sikap dan Pelayanan
Bersaing dalam merebutkan pelangan boleh dilakukan tetapi dengan cara yang baik dan benar, tidak saling menjatuhkan. Seperti cara yang satu ini, dengan sikap dan perlayanan yang baik anda bisa mengundang pembeli untuk membeli kembali nantinya ke tempat anda.

Dalam melayani pelanggan sebaiknya anda selalu meningkatkan keramahan dan kecepatan dalam melayani pembeli, pembeli akan kembali lagi jika mereka merasa puas saat berbelanja. Maka dari itu pelajarilah bagaimana cara melayani pelanggan yang baik dan benar.

Anda bisa melayani pelanggan dengan sabar dan ramah, contohnya ketika ada pembeli yang cerewet dan pandai menawar maka anda harus menghadapinya dengan sikap yang sabar dan tidak mudah marah. Ini akan membuat anda bisa menghadapi persaingan dalam berdagang atau usaha.

Tidak Menipu atau Mengakali Pelanggan

Hargailah kepercayaan pelanggan dengan tidak merusak kepercayaan mereka. Jika anda sudah mendapatkan pelanggan sebaiknya jangan sekali-sekali mencoba untuk berlaku curang demi mendapatkan keuntungan.

Sebaiknya anda membuat pelanggan yang sudah ada merasa nyaman dan tidak dirugikan, hal ini berguna agar anda bisa mempertahankan pelanggan dengan banyaknya persaingan yang ada sekarang ini.

Tidak Menjatuhkan Saingan

Ketika anda berpikiran ingin menjatuhkan saingan dagang dengan beberapa hal maka buanglah jauh jauh pemikiran yang seperti itu. Persaingan seperti itu hanya akan membuat usaha anda sendiri menjadi tidak maju karena tidak adanya keberkahan.

Namun bagaimana jika anda yang dicoba dijatuhkan oleh pesaing anda maka ada beberapa tips menghadapi pesaing yang curang, bisa anda cek di caracermat.com

Jalankan Dengan Sepenuh Hati

Apapun usaha ataupun dagangan anda asalkan itu halal dan tidak merugikan orang lain, lebih bagus di iringi dengan Hati yang tulus menjalani usaha tersebut.

Jalankan bisnis anda dengan sepenuh hati tanpa adanya keterpaksaan, sebab yang anda jalani sangat memerlukan ke tulusan anda dalam menjalankannya. Jika tidak adanyan hal tersebut dapat membuat anda dengan mudah membiarkan sesuatu terjadi dengan usaha anda.

Seperti halnya adanya pesaing baru yang datang namun karena tidak adanya kepedulian dapat membuat anda tidak menghiraukannya sehingga usaha yang anda jalani pelanggannya dapat dengan mudah berpindah ke tempat usaha lainnya.

Berdo’a

Setelah semua usaha dan ikhtiar anda lakukan langkah selanjutnya yang paling penting adalah berdo’a supa usaha atau dagangan anda banyak pelanggan dan bisa menghasilkan pendapatan.

Baca Juga:

Itu tadi artikel mengenai cara menghadapi persaingan dalam berdagang atau usaha, baca artikel lainnya mengenaj bisnis dan solusi bisnis anda di sini.

Semoga bermanfaat bagi anda dan kita semuannya, Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel cara menghadapi persaingan, di caracermat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here