Cara Menghitung Mikrometer Sekrup
Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Anda bingung bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup?. Tenang saja kali ini kita akan membahasnya disini. di artikel yang berjudul Cara Menghitung Mikrometer Sekrup Beserta Contoh.

Cara membaca mikrometer sekrup memang sedikit sulit karena memiliki banyak angka. Maka dari itu diartikelini akan saya sertakan contoh penghitungan mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur benda yang kecil.

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup
Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Bagaimana Cara Menghitung Mikrometer Sekrup Beserta Contoh

Menghitung hasil mikrometer sekrup bisa dilakukan dengan beberapa step, Berikut ini cara menghitung mikrometer sekrup beserta contoh.

Pada mikrometer sekrup ada 2 jenis skala. Skala yang pertama adalah skala utama, skala utama memiliki ketelitian lebih besar daripada skala mikrometer sekrup lainnya.

Skala yang kedua adalah skala putar atau skala noninus, skala putar memiliki ketelitian yang lebih kecil atau lebih teliti dibanding dengan skala utama.

Baca Juga: Macam macam Angle dan Shot Kamera

Mikrometer Sekrup Skala Utama

Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang ada pada bagian atas. Nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang ada dibagian bawah.

Mikrometer Sekrup Skala Putar/Noninus

Terdiri dari skala 1 sampai 50. Setiap skala berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Pada skala utama dibagi menjadi 100 skala kecil yang terdapat pada sekrup.

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

1. Gunakan mikrometer sekrup dengan arah angka yang sesuai, jangan terbalik karena akan susah melihat angkanya.

2. Pada mikrometer sekrup ada garis Horizontal yang membagi dua ukuran. yang mana ukuran diatas garis merupakan ukuran dengan skala 1 mm. Sedangkan yang dibawah garis merupakan ukuran dengan skala 0,5 mm.

3. Jadi pada Skala utama ini memiliki ketelitian yaitu 0,5 mm. Cara membacanya dengan cara menghitung angka yang berada di atas gari, dijumlah dengan angka yang ada di bawah garis.

Contoh Cara Menghitung Mikrometer Sekrup 1:

Saat mengukur angka diskala utama adalah 5,5 mm. Sedangkan angka yang ada di skala noninus atau skala putar menunjukan angka 30. maka cara menghitung mikrometer sekrup nya sebagai berikut.

  1. Skala utama: 5,5 mm
  2. Skala Noninus: 30 x 0,01 mm = 0,3 mm

Hasil:

  • Skala utama + Skala Noninus
  • 5,5 mm + 0,3 mm
  • 5,8 mm

Jadi hasil pengukuran mikrometer sekrup nya adalah 5,8 mm.

Contoh Cara Menghitung Mikrometer Sekrup 2:

Saat mengukur angka diskala utama adalah 3,5 mm. Sedangkan angka yang ada di skala noninus atau skala putar menunjukan angka 20. maka menghitung mikrometer sekrup nya sebagai berikut.

  1. Skala utama: 3,5 mm
  2. Skala Noninus: 20 x 0,01 mm = 0,2 mm

Hasil:

  • Skala utama + Skala Noninus
  • 3,5 mm + 0,2 mm
  • 3,7 mm

Jadi hasil pengukuran mikrometer sekrup nya adalah 3,7 mm.

Baca Juga: Pengertian Alat Musik Kordofon

Contoh Cara Menghitung Mikrometer Sekrup 3:

Saat mengukur angka diskala utama adalah 4 mm. Sedangkan angka yang ada di skala noninus atau skala putar menunjukan angka 40. maka cara menghitung mikrometer sekrup nya sebagai berikut.

  1. Skala utama: 4 mm
  2. Skala Noninus: 40 x 0,01 mm = 0,4 mm

Hasil:

  • Skala utama + Skala Noninus
  • 4 mm + 0,4 mm
  • 4,4 mm

Jadi hasil pengukuran mikrometer sekrup nya adalah 4,4 mm.

Itu tadi cara menghitung mikrometer sekrup. Semoga bisa membantu tugas dan pekerjaan anda, Terimakasih telah berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here