Saat ini bisa dikatakan bahwa Android merupakan sistem operasi mobile yang paling populer di mana hampir setiap orang telah memiliki smartphone ataupun tablet yang berbasis Android. Hal yang satu ini sebenarnya tidaklah mengherankan karena Android memiliki berbagai macam kelebihan, salah satunya adalah ketersediaan aplikasi yang sangat banyak.

Perlu diketahui bahwa Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source sehingga memudahkan para developer untuk mengembangkan aplikasi bagi Android. Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah rentan terserang virus.

Seperti halnya komputer, perangkat berbasis Android juga memiliki resiko untuk terserang virus. Perangkat Android yang terserang virus tentu saja akan membuat perangkat tersebut tidak bisa berfungsi dengan normal.

Kebanyakan pengguna Android biasanya menggunakan antivirus untuk mengatasinya, tetapi ternyata Anda juga cara yang bisa dilakukan untuk menghapus virus tanpa menggunakan antivirus.

Cara Mudah Hapus Virus di Android Tanpa Antivirus.

Bagi anda semua yang penasaran, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Cara Mudah Hapus Virus di Android Tanpa Antivirus. Baiklah, tanpa membuang-buang waktu, langsung saja kita simak ulasan selengkapnya.

1. Masuk ke Safe Mode

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghapus virus di Android tanpa menggunakan aplikasi antivirus yakni dengan masuk terlebih dahulu ke safe mode.

Perlu diketahui bahwa safe mode memiliki fungsi agar kinerja Android menjadi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti saja di mana semua aplikasi akan hilang sementara, Anda bisa masuk ke safe mode dengan menekan tombo power dan volume.

2. Cek Aplikasi di Safe Mode

Setelah Anda masuk ke safe mode yang ada di perangkat Android, maka Anda bisa mengecek atau memeriksa aplikasi. Anda bisa membuka menu pengaturan, pilih aplikasi, kemudian pilih download.

Pada mode ini, sistem tidak akan mendeteksi aplikasi pihak ketiga sehingga Anda bisa mengidentifikasi virus yang masuk di mana Anda bisa melihat apakah ada aplikasi asing yang teridentifikasi sebagai virus.

3. Hapus Aplikasi Asing

Jika Anda sudah masuk ke dalam safe mode dan memeriksa semua aplikasi, ternyata Anda menemukan aplikasi asing yang terindikasi sebagai virus, maka Anda bisa segera menghapus aplikasi asing tersebut dengan mengklik uninstal.

Akan tetapi pada beberapa kasus, ada sebagian aplikasi asing yang tidak bisa dihapus, hal ini biasanya terjadi karena Anda memberikan akses administrator pada aplikasi tersebut.

4. Hapus Akses Administrator

Apabila Anda menemukan aplikasi asing atau virus yang tidak bisa dihapus, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghapus akses administrator.

Untuk melakukannya, Anda bisa masuk terlebih dahulu ke menu settings, pilih security dan device administrator, kemudian hilangkan akses administrator dari aplikasi asing yang tadi tidak bisa dihapus, setelah itu barulah Anda bisa menghapus aplikasi asing tersebut.

5. Keluar dari Safe Mode

Setelah Anda berhasil menghapus semua aplikasi asing yang terindikasi sebagai virus, maka Anda bisa keluar dari safe mode. Cara untuk keluar dari safe mode ini sangatlah mudah di mana Anda hanya perlu melakukan reboot atau restart perangkat Android dengan menekan tombol power, tunggulah hingga proses booting selesai, maka perangkat Android Anda telah bebas dari serangan virus.

Untuk bisa menghapus virus di Android tanpa menggunakan aplikasi antivirus, Anda bisa mencoba beberapa cara yang ada di atas. Semoga Bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here