Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri Serta Cara Menanamnyai – Jenitri atau genitri adalah Buah yang berasal dari pohon genitri atau eliocarpus ganitrus roxb. Buah Genitri sangat banyak tersebar di kawasan pesisir pulau jawa, kalimantan dan sumatra.

JENITRI atau GENITRI

Seperti layaknya kayu kokka, Buah genitri mengandung elektromagnet yang jika bersentuhan dengan kulit maka khasiat genitri akan terasa. Biasanya akan merasa lebih tenang, rileks dan peredaran darah menjadi lancar.

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

Rudraksha sebutan jenitri di India adalah tanaman setinggi 25-30 m dengan batang bulat dan tegak berwarna cokelat. Sepanjang tepi daun pohon jenitri bergerigi dan meruncing di bagian ujung. Dalam bahasa India, rudraksa berasal dari kata rudra berarti Dewa Siwa dan aksa berarti mata. Sehingga arti keseluruhan: mata Siwa. Sesuai namanya, orang Hindu meyakini rudraksa sebagai air mata Dewa yang menitik ke bumi.

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri Serta Cara Menanamnya

Jenitri/Ganitri/Rudraksha/Elaeocarpus ganitrus, tumbuhan atau tanaman pohon yang mempunyai ciri-ciri batang pohon dan cabang cabang berkayu, tinggi pohon sekitar 10-15 meter untuk Jenitri jenis lokal dan sekitar 4-6 meter dan Pohon Jenitri memiliki umur kurang lebih 4 tahun, Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri.

Pohon Jenitri dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah. Pohon Jenitri yang tumbuh di tanah yang subur akan tumbuh dengan cepat berpotensi memiliki cabang dan daun yang rimbun. Daun Jenitri mempunyai ujung agak runcing, bergerigi, tangkai daun sekitar 0.5 cm lebar daun sekitar 4 cm dan panjang hingga 16 cm, Bunga Jenitri bunga majemuk, bentuk malai, di ketiak daun, mempunyai tangkai 0,5 cm.

Daun kelopak bulat telur memanjang, agak runcing, warna hijau pucat atau kemerahan, dari luar berambut, daun mahkota warna kuning atau putih kehijauan, daun Jenitri berwarna hijau saat muda dan merah saat tua. Buah Jenitri pada umumnya mempunyai bentuk bulat bola, Besar kecilnya buah bervariasi, dengan diameter buah antara 0,5 cm hingga 2 cm. tampak biji Jenitri dengan batok yang bergerigi bagian luarnya, mempunyai relief seperti biji pepaya.

Biji Jenitri yang sudah tua dan kering mempunyai batok keras dan tahan untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Harga Buah Jenitri Termahal

Buah Jenitri banyak jenis dan garisnya. Garis dari Buah Jenitri kebanyakan memiliki garis 5, jika Buah Jenitri neniliki garis selain 5 berarti biji genitri tersebut termasuk Buah yang langka. Itulah kenapa harga selain garis 5 mahal, 1 bijinya dihargai Rp100.000-Rp10.000.000. Itulah kenapa genitri seperti berlian,banyak diburu namun butuh perjuangan untuk mendapatkannya.

Buah jenitri bentuknya seperti anggur yang ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Untuk harga Buah genitri bervariasi ada yang menjualnya dengan harga per kg dan ada yang per Buah.

Biasanya untuk harga perkilogram masih campur belum di sortir,dan harga bijian adalah Buah genitri yang telah di sortir berdasarkan ukuran dan jenis.

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri, Pengolahan biji genitri sangan beragam namun pada umumnya pembuatan biji genitri ditujukan kepada pembuatan aksesoris seperti gelang biji genitri, kalung biji genitri, bros biji genitri dan banyak lagi.

Sebelum di proses untuk di olah biji genitri terlebih dahulu di sortir lalu di lubangi menggunakan bor tujuannya agar dapat dimasuki oleh benang. bentuk produk hasil biji genitri antara lain Tasbih Genitri berjumlah 99 atau 33 butir, Japa Mala Genitri berjumlah 108 butir, Rosario Genitri berjumlah 54 butir, Gelang Genitri, Gantungan Kunci, Tas Genitri, Cincin Genitri, dll.

Tasbih Biji Genitri

Indonesia merupakan pengekspor dan produsen terbesar di dunia. Pohon jenitri atau bahasa latinnya Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor. Indonesia memasok 70% kebutuhan jenitri yang diekspor dalam bentuk butiran biji.

Sebanyak 20% pasokan lainnya dari Nepal. Hasil produksi Jenitri Indonesia sebagian di export ke India, biji Jenitri dari Indonesia yang masuk ke India mencapai nilai sekitar Rp500 miliar per tahun.

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

Buah Jenitri memiliki sejuta manfaat diantaranya manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Tanaman Jenitri mempunyai banyak manfaat baik bagi lingkungan maupun bagi masyarakat. Meskipun baru sebagian kecil yang mengetahui dan memanfaatkannya. Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri sebagai berikut.

Manfaat Buah Jenitri antara lain :

  • Sebagai terapi psikosomatis
  • Sebagai penenang otak.
  • Sebagai obat anti bakteri.
  • Penyerap polutan,tanamlah pohon genitri disekitar pekarangan anda,maka kualitas udara akan berbeda, karena pohon genitri sebagai penyerap polutan yang baik.
  • Sebagai penghancur lemak, cara penggunaannya Yaitu dengan merebus biji genitri dengan air satu gelas hingga tersisa setengah gelas. Setelah rebusan dingin,saring,lalu minum.

Cara Menanam Jenitri

Pemilihan Bibit Buah Jenitri

Bibit Jenitri yang akan ditanam sebaiknya dari bibit Jenitri dari hasil sambung antara batang hasil semaian biji dengan pucuk batang yang berasal dari bibit jenis super yang sudah pernah berbuah atau hasil cangkok batang pohon genitri jenis super yang sudah berbuah.

Bibit hasil cangkokan biasanya akan bisa berbuah lebih cepat dari pada bibit hasil sambung, tetapi kurang kokoh jika menghadapi terpaan angin yang kencang karena tidak mempunyai akar tunjang.

Berbeda dengan bibit jenitri dari hasil sambungan yang memiliki akar kokoh namun lebih lama berbuah dibanding bibit jenitri hasil cangkokan. bibit genitri hasil sambungan dapat berbuah dalam jangka waktu antara 10 sampai 12 tahun dari mulai tanam.

Penanaman Buah Jenitri

Menanam bibit jenitri bisa anda lakukan di pekarangan rumah atau di lahan kosog jika anda menanamnya di lahan kosong maka akan lebih baik jika anda mengatur jarak tanam antar pohon agar pertumbuhan pohon jenitri merata ke semua pohon genitri. jarak yang cocok adalah 6 meter dari pohon lainnya.

Gemburkan tanah selebar 50 50 50 cm pada titik dimana bibit Jenitri akan ditanam. lalu Campur pupuk NPK PONSKA sebanyak 2 sendok makan, campur hingga merata. Apabila kondisi tanah kering, siram air supaya pupuk larut dalam tanah, biarkan 2 atau 3 hari supaya pupuk benar-benar meresap kedalam tanah.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, siapkan bibit pohon jenitri yan telah kita buat, gemburkan media tanam yang sudah kita buat sebelumnya lalu lumabngi dan masukan bibit pohon jenitri.

Perawatan Buah Jenitri

Setelah bibit Jenitri ditanam, lakukan pengontrolan setiap hari atau beberapa hari sekali. Periksalah pohon demi pohon jenitri, Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

.Bersihkan rumput-rumput atau gulma di sekitar pohon jenitri yang dapat mengganggu pertumbuhan pohon Jenitri. Siram air bila tanah mengering dan tidak ada hujan.

Pemupukan setiap sebulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK PONSKA, sesuaikan dengan umur dan pertumbuhan tanaman hingga tanaman berumur 7 bulan.

Panen

Buah jenitri matang ditandai dengan berubah kulit biji jenitri yang awalnya hijau menjadi biru. cara pemanenan buah Jenitri dilakukan bertahap dengan cara memilih buah yang biru untuk dipetik.

Baca Juga:

Buah di sortir menurut besar kecilnya diameter. Lalu dilakukan proses pengupasan kulit buah untuk memperoleh biji Jenitri yang baik.

Itu tadi Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri Serta Cara Menanamnya semoga bisa membantu anda yang sedang ingin mengetahui lebih lanjut apa itu genitri atau jenitri. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa baca artikel lainnya mengenai pertanian hanya di caracermat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here