Manfaat Keyword Density dan Pengertiannya
Manfaat Keyword Density dan Pengertiannya

Pengertian Dan Manfaat Keyword Density Bagi Sebuah Blog – Google memiliki algoritma tersendiri. Dalam meletakkan urutan sebuah blog di Search Engine. Kali ini kita akan membahas pengertian keyword density dan manfaat keyword density.

Pengertian dari keyword density memang susah diterjemahkan. Apalagi jika anda mencari pengertian keyword density di google translate. Maka hasilnya menunjukan hal yang sama yaitu keyword density. Namun pada dasarnya keyword density memiliki istilah yang mudah untuk dipahami.

Hasil Google Translate Mencari Keyword Density
Hasil Google Translate Mencari Keyword Density

Keyword Density adalah persentase jumlah kata kunci yang sudah dibagi dengan jumlah kata keseluruhan yang ada di artikel. Dari persentase inilah mesin pencari Google dengan algoritmanya menentukan letak sebuah blog pada halaman search engine (mesin pencari).

Pengertian Dan Manfaat Keyword Density Pada Artikel

Salah satu contoh manfaat penggunaan Keyword Density pada sebuah artikel. Anda bisa menganalisa pada artikel yang berada di halaman pertama (PageOne). Sebagai contoh silahkan anda lakukan pencarian di Google dengan keyword “Cara menang cerdas cermat”. Pada halaman pertama di urutan teratas muncul artikel yang berjudul “Cara agar memenangkan perlombaan cerdas cermat”.

Kenapa bisa hasil pencarian yang keluar dengan judul yang tidak sama persis seperti keyword?. Itulah manfaat algoritma google yang menetapkan jika artikel tersebut akan muncul jika dicari dengan keyword Cara menang cerdas cermat, tips menang cerdas cermat dan trik menang cerdas cermat. Ini merupakan bertuk manfaat Keyword density.

Baca Juga: Cara Memuat Artikel SEO Untuk Kualitas Konten Anda

Mari kita analisa artikel yang kita cari tadi, Bagaimana sangat terasa manfaat Keyword density. Pada paragraf pertama  kedua dan seterusnya bisa kita lihat ada keyword . Keyword yang ada pada paragraf tersebut seperti “Cara, Menang, Cerdas, Cermat dll.

Paragraf Pertama
Paragraf Pertama

Keyword density yang ada pada suatu artikel idealnya memiliki persentase antara 2% sampai 3%. Jika kurang dari 1% Keyword density akan kurang efektif untuk bersaing dengan saingan diatas 10.000 artikel. Jadi Anda sekarang sudah mulai tahu apa manfaat Keyword density?.

Cara Menghitung Manfaat Keyword Density

Keyword density dapat dihitung persentasenya dengan cara sebagai berikut:

  1. Fokus Keyword: Cara Menang Cerdas Cermat. (14 Keyword)
  2. Jumlah Kata di Artikel: 500
  3. Jumlah Keyword: Fokus Keyword / Jumlah Fokus Keyword
  4. Jumlah Keyword: 14 / 500 x 100 = 2,8%

Jadi Keyword Density yang ada di artikel tersebut 2,8%, Salah satu betuk manfaat Keyword density yang cukup ideal. Kenapa saya bilang ideal, Karena jumlah kata kunci yang ada diartikel tersebut berjumlah 14 sesuai dengan jumlah kata diartikel tersebut yang berjumlah 500 kata. Jika dihitung Keyword density nya memiliki persentase 2,8%. Dan idealnya adalah 2% samapi 3%.

Bagaimana Cara Mengatur  Manfaat Keyword Density

Untuk menetukan seberapa banyak Keyword yang akan kita tambahkan, Tentunya dengan mengukur terlebih dahulu berapa persentase Keyword density nantinya. Ingat idealnya 2% sampai 3% untuk artikel yang memiliki pesaing diatas 10.000.

Lalu bagaimana cara mengetahui berapa jumlah Keyword density, yang ada di artikel anda saat masih membuat artikel. Berikut cara mengetahui Keyword density.

Baca Juga: Cara Mengganti Tema WordPress Dengan Mudah

Blogspot

Saat anda berada di laman kerja atau saat membuat artikel di blogspot. Jika ingin mengetahui Keyword density nya, Silahkan tekan CTRL+F Kemudian Ketikan kata yang ingin anda jadikan keyword.

Disini saya contohkan “manfaat keyword density”. Hitunglah berapa jumlah kalimat yang di sorot dengan background warna kuning.

Mengetahui Keyword Density
Mengetahui Keyword Density

Setelah mengetahui jumlahnya, lalu hitunglah keyword density nya dengan rumus yang ada diatas tadi.

WordPress

Jika di wordpress untuk mengetahui persentase Keyword density nya sangat mudah. Anda hanya perlu menginstall plugin Yoast SEO (bagi yang belum). Saat membuat artikel plugin yoast SEO akan membantu anda mengetahui berapa dan apa manfaat Keyword density.

Silahkan masukan Fokus Keyword pada setting yoast SEO di bagian bawah lembar kerja membuat artikel di wordpress. Lalu lihat hasil Keyword density di bagian bawah.

Manfaat Keyword Density
Manfaat Keyword Density

Manfaat Keyword Density

Dari tadi menghitung hitung Keyword density Sudah tahu belum manfaat Keyword density?. Pada dasarnya manfaat Keyword density dapat membantu artikel untuk berada di halaman pertama. Dengan keyword yang dimasukan di artikel dan keseimbangan antara Konten dan Keyword. Maka artikel anda akan lebih terasa SEO nya.

Tetapi dalam hal menambahkan keyword di sebuah artikel juga harus ada keseimbangan antara konten dan keyword. Bagaimana cara menempatkan keyword yang benar, bagaimana cara menentukan jumlah keyword dan lain-lain. Bukan hanya sekedar mencari manfaat Keyword density.

Google juga begitu pintar dalam hal membuat algoritma. Ada kalanya jika artikel yang biasanya banyak dikunjungi karena pageone. Tiba-tiba artikel tersebut pengunjungnya berkurang dikarenakan tidak lagi pageone. Ini merupakan salah satu bentuk imbas dari update algoritma dari google. Jika tidak dengan memakai manfaat Keyword density dengan benar, Maka kemungkinan besar artikel anda akan turun saat update algoritma google.

Itu tadi pengertian Keyword density dan manfaat Keyword density. Saya rasa anda sudah mengetahui apa itu Keyword density dan apa fungsi serta manfaatnya. Semoga bisa membuat anda jadi mengetahui manfaat dari Keyword density.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here